Sabtu, 21 Januari 2012

MINYAK GORENG OPLOSAN........

Oh.... My God.... 
Tak pernah saya bayangkan kalau sekarang ini banyak beredar "MINYAK GORENG CURAH OPLOSAN".....(Information From Reportase Investigasi: Trans TV).... Oplosannya juga sangat luar biasa..... yaitu campuran "SOLAR".... Dengan alibi agar Minyak Goreng "Jelantahnya alias Curahnya" menjadi lebih jernih dan laku di pasaran dengan harga yang relatif murah..... pangsa pasarnya adalah toko-toko atau warung-warung kecil.....
I Can't imagine.... Jika ada orang yang mengkonsumsi makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak goreng oplosan ini....... karena dalam minyak goreng tersebut sudah terkandung Peroksida dan Timbal yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita,,,, Logam beracun ini amat berbahaya bagi manusia, timbal dan peroksida yang masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernafasan ataupun pencernaan dapat menyebar ke berbagai organ lewat sistem peredaran darah. Penimbunan timbal yang terjadi pada ginjal, hati, otak, saraf, dan tulang dapat berlangsung dalam jangka panjang. Konsentrasi timbal dan peroksida yang tinggi dapat merusak jaringan saraf, fungsi ginjal serta dapat memicu terjadinya kanker karena bersifat karsinogenik.
Tips Untuk Memilih Minyak yang baik yaitu:
  1. Jika ingin membeli minyak goreng jelantah atau curah sebaiknya minyak tersebut dicium terlebih dahulu baunya.... apabila berbau seperti minyak tanah ataupun solar berarti minyak tersebut merupakan minyak oplosan.
  2. Pilihlah minyak goreng sesuai kebutuhan. Saat membeli jangan lupa baca label dan informasi lengkapnya. Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, sebaiknya pilih minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh seperti minyak jagung atau minyak kedelai.
  3. Jangan pilih minyak goreng hanya berdasarkan warna dan penampilannya saja, yang Anda dan keluarga butuhkan justru kandungan yang terdapat didalamnya untuk mendukung gizi dalam bahan makanan yang akan Anda masak.
So.... Be a good Consumer.... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAKU MUTU UDARA AMBIENT DAN DAMPAK PENCEMARAN UDARA TERHADAP GANGGUAN KESEHATAN

       Baku mutu udara ambient adalah batas kadar yang diperbolehakan bagi zat atau bahan pencemar yang ada di udara, namun tidak menimbu...